Perkuat Kesetiakawanan Sosial, LDII Salurkan Sapi Kurban di Lokasi Bencana Galodo

Share to :
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Tanah Datar (18/6). Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Sumatera Barat menyerahkan sapi berukuran jumbo bagi masyarakat terdampak bencana banjir bandang atau galodo dan lahar dingin di Dusun Tuo Nagari Limo Kaum Batusangkar Kabupaten Tanah Datar.

Ketua DPW LDII Sumbar, Buya H. Afrizal Yaman mengatakan program tebar kurban ini bertujuan agar membantu masyarakat yang terdampak bencana galodo beberapa waktu lalu.

“Atas dukungan warga LDII dan para donatur, alhamdulillah telah diserahkan satu ekor sapi yang berbobot hampir 600 kilogram kepada panitia qurban di Masjid Al-Ikhlas Dusun Tuo, Kabupaten Tanah Datar ini,” ucapnya.

Buya Afrizal mengatakan hewan kurban merupakan perwujudan takwa Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT, yang kemudian Allah juga memerintahkan Nabi Muhammad SAW dan umat Islam untuk berkurban sebagaimana syariat nabi ibrahim tersebut.

“Hikmah berkurban adalah bagaimana kita mewujudkan ketakwaan kepada Allah SWT, kami mengajak dan mengajarkan warga LDII untuk selalu mempersiapkan diri dalam menyambut ibadah kurban, ada yang menabung sejak jauh hari sebelumnya dan ada pula yang berpatungan, sehingga ibadah kurban tidak melihat tingkatan sosial seseorang melainkan kesungguh-sungguhan dalam mencapainya” tambah afrizal.

LDII Sumbar, kata Buya Afrizal menambahkan selalu mengajak warganya untuk mempraktikkan kurban sesuai dengan kemampuannya karena Ketakwaan menjadi pendorong warga LDII sehingga pada dalam posisi strata sosial apapun, warga LDII siap untuk berkurban.

Menurut dia di majelis-majelis taklim tersebut diajarkan ayat dan hadits mengenai keutamaan kurban, mulai dari ganjaran pahala hingga hikmah berkurban.

“Amalan yang mengalahkan jihad dan paling dicintai Allah pada 10 Zulhijah atau Idul Adha, adalah menyembelih kurban karena takwa,” ucapnya.

Sekretaris DPW LDII Sumbar, H. M. Abdillah mengatakan sangat bersyukur karena di hari raya Idul Adha ini, LDII berhasil berqurban sebanyak 176 ekor sapi dan 38 ekor kambing dengan nilai mencapai Rp2,7 miliar.

“Kami juga menyalurkan satu ekor sapi jumbo yang disalurkan khusus kepada warga terdampak bencana galodo ini,” ucapnya.

Selain menyerahkan hewan kurban, lanjutnya sebagian pengurus turut hadir dan membantu proses penyembelihan sebagai wujud kesetiakawanan sosial warga LDII kepada masyarakat terdampak bencana di wilayah Tanah Datar ini.

“Kami ingin ikut merasakan kebahagiaan Hari Raya Idul Adha ini bersama dengan saudara kami yang tertimpa musibah,” sambungnya.

Sementara itu Wali Nagari Limo Kaum Tarmidzi, mengucapkan syukur dan terima kasih kepada warga LDII atas kepeduliannya dalam kegiatan tebar kurban ini.

Ia berharap silaturahim dan persaudaraan ini dapat terus terjalin dengan baik di masa mendatang.

“Kami berharap Program Tebar Qurban LDII ini dapat memberikan manfaat dan berkah bagi masyarakat yang membutuhkan serta mempererat tali persaudaraan kita dan hendaknya menjadi amal jariyah bagi kita semua,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini, turut hadir pengurus Masjid Al-Ikhlas, tokoh agama, tokoh adat Batusangkar, kabupaten Tanah Datar dan masyarakat sekitar tempat kegiatan. (RNY/Lines)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram